Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran Dan Penjelasannya

Unsur-unsur Lingkaran - Ada banyak macam dan bentuk dari bangun datar dan tiap-tiap bangun datar tersebut mempunyai unsur unsur yang membentuk dan membangunnya. Lingkaran merupakan salah satu dari sekian banyak bangun datar.  Lingkaran mempunyai bagian bagian yang menjadi pembentuk lingkaran itu. Bagian bagian sebuah lingaran antara lain jari-jari, diameter, titik pusat, busur, tembereng,  tali busur, juring, apotema, sudut pusat dan sudut lingkaran. Agar lebih jelas mengetahui bentuk dan wujud unsur unsur sebuah lingkaran silahkan lihat gambar di bawah ini.

Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran


Pada penjelasan di bawah ini kami akan memberikan penjelasan dari masing-masing unsur tersebut sehingga nantinya kita bisa lebih memahami unsur  pembentuk sebuah lingkaran. Silahkan kamu lihat uraian berikut ini :

Unsur-Unsur Pembentuk Bangun Datar Lingkaran


Titik Pusat

Titik pusat pada lingkaran merupakan sebuah titik yang terletak tepat ditengah-tengah lingkaran. Pada gambar di atas titik pusat lingkarannya terletak di huruf O.

Jari-jari

Garis OC, OD, OB dan OA pada gambar di atas merupakan jari jari lingkaran. Jari jari lingkaran yaitu garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan titik pada keliling lingkaran.

Diameter

Garis AB dan CD pada gambar diatas di sebut garis tengah atau diameter lingkaran . Diamater adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran. Dari hal ini kita dapat mengambil kesimpulan yaitu jari-jari lingkaran mempunyai nilai setengah dari diameter atau diameter mempunyai nilai dua kali jari-jari. Sehingga bisa di tulis d = 2r.

Busur

Garis lengkung AC, CB, BD, AD pada gambar di atas disebut dengan busur lingkaran. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang menjadi bagian dari keliling lingkaran . Busur terbagi menjadi dua yaitu busur kecil dan busur besar. Disebut busur kecil jika panjangnya kurang dari setengah lingkaran dan disebut busur besar jika panjangnya lebih dari setengah lingkaran.

Tali Busur 

Garis AD adalah contoh tali busur lingkaran, tali busur yaitu ruas garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan tidak melewati titik pusat lingkaran. Jika kita ibaratkan maka tali busur umpama tali pada busur panah.

Tembereng

Tembereng merupakan daerah yang di dalam lingkaran yang di batasi oleh tali busur dan busur lingkaran. Pada gambar di atas tembereng di batasi oleh busur AD dan tali busur AD.

Juring

Juring merupakan daerah yang di batasi oleh dua garis jari-jari dan sebuah busur lingkaran yang posisinya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Pada gambar di atas daerah yang dinamakan juring sebagai contoh adalah daerah yang di warnai hijau yaitu juring BOC. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil.

Apotema

Garis OF pada gambar di atas disebut apotema, yaitu jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Garis apotema tegak lurus dengan tali busur.

Sudut Pusat

Pada gambar di bawah ini, Sudut pusat adalah sudut yang terbentuk dari perpotongan dua buah jari-jari (OA dan OB) di titik pusat lingkaran. Sudut yang terbentuk antara titik A, O, dan B merupakan sudut pusat lingkaran yakni ∠AOB.

Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran Dan Penjelasannya

Sudut Keliling

Sudut keliling pada lingkaran adalah sudut yang terbentuk oleh pertemuan antara dua tali busur pada satu titik di keliling lingkaran. Jika kamu perhatikan gambar di atas tali busur AC dan tali busur BC yang bertemu di titik C dan membentuk sudut keliling ACB. 


Demikian pembahasan tentang unsur-unsur lingkaran semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. ()

No comments:

Post a Comment