Jaring-jaring prisma segitiga, segi lima, dan segi enam

Sama seperti pada jaring-jaring bangun ruang yang lain, jaring-jaring prisma diperoleh dengan mengiris beberapa rusuk prisma sehingga bangun ruang prisma tersebut bisa kita direbahkan pada bidang datar. Sebagai contoh kita akan membuat jaring-jaring dari bangun prisma segitiga. Berikut ini contoh alur pembuatan jaring-jaring pada prisma segitiga.

Jaring-jaring prisma segitiga :

jaring jaring prisma segitiga
alur pembuatan jaring-jaring pada prisma segitiga
Jika kita lihat dari jaring-jaring yang selesai dibuat pada gambar diatas, dapat kita lihat jika jaring-jaring prisma segitiga mempunyai dua buah sisi alas yang berbentuk segitiga siku-siku serta tiga buah sisi tegak yang berbentuk persegi panjang.

Jika kita mengiris rusuk-rusuk prisma yang berbeda kita juga akan memperoleh jaring-jaring yang berbeda pula dari bangun ini. Dibawah ini ada beberapa contoh jaring-jaring prisma segitiga yang lain.
jaring-jaring pada prisma segitiga
Contoh jaring-jaring prisma segitiga lainnya
Gambar-gambar diatas merupakan gambar jaring-jaring dari bangun prisma segitiga, Jika kamu ingin melihat contoh gambar dari jenis prisma yang lain, Teruslah membaca artikel ini samapai selesai.


Jaring-jaring prisma segi lima :


Sama seperti pada jaring-jaring prisma segitiga, jaring-jaring prisma segi lima diperoleh dengan mengiris beberapa rusuk prisma sehingga bangun ruang prisma tersebut bisa kita direbahkan pada bidang datar. Berikut ini contoh alur pembuatan jaring-jaring pada prisma segi lima.

Jaring-jaring prisma segi lima
alur pembuatan jaring-jaring pada prisma segi lima
Di bawah ini adalah contoh lain jaring-jaring prisma segi lima :

Jaring-jaring prisma segi lima

Jaring-jaring Prisma Segi Enam :

Untuk memperoleh jaring-jaring bangun prisma segi enam cara yang dipakai juga sama dengan cara-cara yang lainnya, yakni dengan jalan membuka sisi-sisi pada prisma segi enam tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini..

Jaring-jaring Prisma Segi Enam

Demikian pembahasan singkat tentang Jaring-jaring prisma segitiga, segi lima, dan segi enam semoga bermanfaat, mungkin ada yang mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment