1 Are Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Lengkap Beserta Penjelasannya

Salah satu pertanyaan penting dalam Matematika adalah 1 are berapa meter. Pertanyaan ini biasanya muncul ketika materi telah sampai pada bab pengukuran. Nah, untuk mengetahui jawaban sebenarnya, kita akan mulai dari pembahasan masing-masing satuan, yaitu are dan meter persegi.

Satuan Are

Are merupakan satuan yang digunakan untuk mendefinisikan luas suatu benda. Dalam bilangan Matematika, are juga diketahui sebagai dam2. Dam2 ini merupakan turunan dari satuan luas, yaitu m2 atau biasa disebut dengan meter persegi.

Selain are atau decameter persegi, masih ada beberapa satuan luas lagi yang merupakan bagian dari satuan luas. Contohnya adalah km2 (kilometer persegi), hm2 (hectometer persegi) serta m2 atau meter persegi.

Sebelum menghitung 1 are berapa meter, perlu untuk memahami penghitungan satuan ini. Penghitungannya adalah sebagai berikut
1 are=1 dam2 = 100 m2
Nah sekarang kamu sudah tahukan jawaban dari pertanyaan kamu satu are berapa meter persegi? jawabannya adalah 100 meter persegi.

satu are berapa meter persegi


Perlu diketahui bahwa untuk turun satu tangga dalam satuan luas, akan dikalikan dengan nilai 100. Mengapa begitu? Karena merupakan satuan luas yang merupakan hasil kali antara dua ukuran panjang yang biasa.

Sebagai tambahan, satuan-satuan persegi tersebut merupakan satuan internasional. Di mana hal ini berarti bahwa satuan tersebut digunakan sebagai patokan ukuran seluruh dunia dan digunakan sebagai satuan.

Satuan Meter

Meter merupakan satuan untuk menjelaskan definisi panjang suatu benda. Meter merupakan satuan internasional sesuai dengan kesepakatan global. Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa mendengar ukuran dalam bentuk meter.

Selain meter, ada pula km (kilometer), dm (desimeter), cm (centimeter) dan mm (millimeter). Centimeter terasuk salah satu satuan yang juga sering digunakan untuk mendefinisikan panjang.
Berikut ini merupakan contoh penghitungan dari satuan panjang

1 km= 1000 m
1 m= 100 cm
1 m = 1000 mm

Dalam ukuran ini, untuk mengkonversikan satuan panjang satu sama lain, hanya perlu dikali 10 setiap satu tangga jika arahnya turun. Namun jika arahnya naik. Maka akan dibagi dengan nilai 10 setiap satu tangga.

Dari are ke meter persegi

AreMeter persegi
1 a100 meter persegi
2 a200 meter persegi
3.5 a350 meter persegi
3.8 a380 meter persegi
4 a400 meter persegi
4.5 a450 meter persegi
5.9 a590 meter persegi
6.1 a610 meter persegi
7.8 a780 meter persegi
8 a800 meter persegi

Menghitung

Ada hal yang penting disampaikan sebelum mencoba menjelaskan perihal 1 are berapa meter. Yaitu bahwa satuan luas tidak bisa begitu saja dikonversikan kedalam satuan panjang. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk menemukan jawaban tersebut.

Yang pertama perlu dicatat ialah konversi are ke meter persegi. Mengapa ke meter persegi? Karena are dan meter persegi merupakan satuan luas. Dua-duanya sering di gunakan dalam pembelajaran maupun urusan sehari-hari.

Sekarang saatnya mengkonversi 1 are menjadi 1 meter persegi. Jika kita lihat ditangga, untuk menjadi meter persegi adalah menuruni satu tangga. Ingat bahwa setiap tangga dalam ukuran luas (atau yang menggunakan pangkat dua) bernilai 100. Karena 1 are harus turun satu tangga agar menjadu centimeter, maka penghitungannya adalah sebagai berikut.

1 are = 100 m2
3 are= 300 m2
7 are= 700 m2

Nah jika Anda ingin mengubah dari meter persegi ke meter, Anda perlu membagi atau mengakarnya. Maksudnya adalah dengan proses pembagian agar lebih mudah.

Sebagai contoh, 1 are mewakili 100 m2. Maksudnya adalah setiap are akan mewakili 10 meter dan 10 meter bagian dari suatu produk.

Kesimpulannya, untuk menjadikan sebagai meter seperti biasa (bukan meter2 atau meter persegi), maka Anda perlu membaginya dulu serta mencoba berlatih berhitung. Dengan adanya lomba dengan soal 1 are berapa meter seperti ini semoga banyak remaja yang kemudian giat belajar.

No comments:

Post a Comment