1 inch berapa cm? Berikut Jawaban dan Penjelasan Lengkapnya

Dalam pelajaran Fisika dan Matematika, biasanya ada pertanyaan untuk menghitung ukuran 1 inch berapa cm. Inch dalam Bahasa Indonesia dikenal juga dengan sebutan inchi atau inci. Sebelum mulai menjelaskan jawabannya, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai masing-masing satuan. Hal ini bertujuan agar tidak hanya bisa mengerjakan, tetapi dapat benar-benar memahaminya.

1 inch berapa cm?
rookieteenagers.wordpress.com

 Satuan inch

Satuan inch merupakan satuan untuk mendefinisikan panjang pada sistem satuan imperial. Biasanya, lambang inch ditulis dengan tanda petik dua (“) atau singkatan in saja. Satuan ini bukanlah merupakan satuan panjang standard internasional. Beberapa negara yang sering menggunakan satuan inch adalah Amerika Serikat.

Untuk menulis bilangan inch, Anda bisa memilih salah satu dari bentuk tulisan yang biasanya digunakan. Sebagai contoh, Anda ingin menuliskan angka 8 inch. Maka Anda bisa menuliskannya sebagai 8 in atau 8”.

Biasanya, inch erat kaitannya dengan ukuran feet atau kaki. Ukuran tinggi badan juga biasanya dinyatakan dengan kaki dan inch. Sebagai contoh, tinggi seseorang adalah 5 kaki 4 inch. Maka penulisannya menjadi 5’4”. Hal ini juga yang menyebabkan pertanyaan ini sama populernya dengan pertanyaan 1 inch berapa cm.

Satuan cm

Sama seperti satuan inch, satuan cm juga merupakan satuan untuk mendeskripsikan panjang suatu benda. Cm atau biasa dibaca sebagai centimeter merupakan sistem satuan cgs untuk panjang. Satuan Internasional dari panjang adalah meter. Satuan centimeter ini dalam tangga pengukuran berada dua tangga setelah meter.

Di Indonesia, satuan untuk panjang yang lebih sering digunakan dalam cm atau meter ketimbang inch. Bahkan untuk ukuran untuk memperjelas tinggi suatu benda, inch sangat jarang dipakai.

Lalu, apa bedanya inch dengan cm yang paling mendasar? Menurut sejarah, ukuran keduanya berbeda. Mereka dijadikan ukuran resmi dari dua benda berbeda. Sehingga inch tidak sama ukurannya dengan centimeter. Inch lebih besar ukurannya ketimbang centimeter.

Perhitungan Konversi inch ke cm


Menghitung inch ke cm sangatlah mudah. Hal pertama  yang Anda harus ketahui adalah ukuran 1 inch berapa cm. Ini akan menjadi dasar Anda untuk menghitung dalam satuan yang sama nantinya.
1 inchi dalam ukuran cm adalah 2,54 cm dan biasa dibulatkan menjadi 2,5 cm. Sedangkan untuk kebalikannya 1 cm adalah 0,4 inch. Dengan adanya perhitungan kunci ini, Anda bisa mulai menghitung dari inch ke cm dalam bilangan lainnya.

Rumus perhitungan/konversi dari inch ke cm


....inch x 2.54 = ....cm

Contoh perhitungan dari inch ke cm


Jika ada pertanyaan 7 inch berapa cm? maka perhitungannya adalah:

7 inch x 2,54 =  17,78 cm

Hasilnya, 7 inch = 17,78 cm

Rumus perhitungan/konversi dari cm ke inch


....cm : 2.54 = ....inch


Contoh perhitungan dari cm ke inch


Jika ada pertanyaan 4 cm berapa inch? maka perhitungannya adalah:

4 cm :  2,54 =  1.57480315 inch

Hasilnya, 4cm = 1.57480315 inch

Sebagai contoh, jika kita ingin mengukur 8 inch ke dalam cm, maka kita hanya perlu mengalikannya saja dengan angka 2,5. 8 dikali dengan 2,5 adalah 20. Sehingga jawaban dari 8 inch jika dikonversikan ke dalam centimeter adalah 20.

Namun jika Anda ingin menggunakan 2,54 sebagai ukuran patokan, maka tinggal mengalikannya saja. 8 dikali dengan 2,54 adalah 20,32. Sehingga nilai 8 inch itu jika dikonversikan menjadi cm adalah 20,32.

Jika Anda ingin hasil yang akurat, sebaiknya gunakan 2,54. Dalam dunia akademik, keakuratan suatu nilai sangat memengaruhi banyak hal. Meskipun bilangan tersebut ada di belakang koma, namun dalam kasus tertentu hal tersebut sangat diperlukan. Oleh karena itu, jika bilangan tersebut bernilai penting, maka gunakanlah konversi yang mempunyai dua nilai di belakang koma.

Kesimpulannya adalah untuk konversi inch menjadi bilangan centimeter maka dikalikan dengan bilangan 2,5 atau 2,54. Dengan mengalikan bilangan inch terhadap bilangan tersebut, maka Anda sudah bisa menentukan bilangan centimeternya. Setelah mengetahui konversi dasarnya, untuk konversi seterusnya dalam menjawab 1 inch berapa cm juga dilakukan dengan cara yang sama.

No comments:

Post a Comment