1 Kg Berapa Liter? Temukan Jawabannya Di sini

1 kg berapa liter? Pertanyaan yang seringkali muncul di benak seseorang. Satuan kg dan liter merupakan 2 jenis satuan yang umum sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Satuan kg biasanya digunakan dalam penghitungan jual beli barang yang ada di pasar. Satuan yang sangat populer ini juga dipelajari dalam Matematika. Lalu, berapakah jawaban  dari satu kilogram berapa liter?

Temukan Jawaban 1 kg Dikonversikan ke Liter

Jika Anda mengingat-ingat pelajaran Matematika ketika duduk di bangku sekolah, Anda pasti ingat urutan kilogram, hectogram, decigram, dst. Satuan kg biasanya digunakan untuk mengukur berat dari suatu benda. Ini berbeda dengan satuan liter. Namun, kg tetap bisa dikonversikan dalam satuan liter.

Jika satuan kg seringkali digunakan dalam mengukur berat benda, maka satuan liter digunakan dalam mengukur volume. Coba ingat-ingat kembali, di bangku sekolah bukanlah sering Anda disuruh menghitung volume dari bangun ruang seperti balok dan kubus dengan menggunakan satuan liter?

Baca juga: 1 Liter Berapa kg? Berikut Jawaban dan Penjelasannya

Benar sekali bahwa satuan liter sama dengan dm kubik. Satu kg berapa liter? Mari temukan jawabannya di sini. Massa jenis merupakan satuan benda dari satuan volume. Dengan demikian,  kg dan liter memang seringkali berkaitan satu sama lain.

Rumus massa jenis yang digunakan adalah:

Volume= massa : massa jenis  atau V = m/ρ

Dimana :
V = volume
m = massa
ρ = massa jenis

Dengan demikian Anda bisa menghitung volume 1 kg air sebagai berikut:

Volume = massa : massa jenis= kg:1kg/L= 1 L

Untuk penjelasan yang lebih rinci kamu bisa melihat gambar di bawah ini :
1 Kg Berapa Liter? Temukan Jawabannya Di sini

1 kg berapa liter? Pertanyaan ini mungkin seringkali ditanyakan oleh para pembeli yang akan membeli beras. Biasanya, orang membeli beras dalam satuan kilogram. Namun, tak sedikit pula orang yang membeli beras dalam satuan liter. Lalu, apa perbedaan satuan liter dan kg dalam pengukuran takaran beras?

Mungkin saja Anda sedang berniat untuk menyimpan beras dalam ukuran kg. Namun ketika Anda sedang membeli plastik, justru plastik yang dijual memiliki ukuran dalam satuan liter. Bingung bukan memikirkan cara untuk membuatnya menjadi pas? Bagaimana Anda bisa membuat ukuran 1 kg beras pas disimpan di dalam plastik dalam ukuran liter?  Hitung saja!

1 liter beras jika dikonversikandalam satuan kg maka akan menjadi 0.753 kg. 1kg beras jika dijadikan dalam takaran liter maka akan menjadi 1:0.753. Maka hasil yang akan didapatkan adalah 1,328 liter. Jadi, Anda bisa memilih wadah plastik untuk beras dengan ukuran 1,328 liter. Mudah bukan?

Contoh Soal Menghitung Volume Benda Jika Diketahui Massa dan Massa Jenisnya

1. Berapa liter berat 1 kg beras yang memiliki masa jenis 0,753 kg/ liter?
Jawab:  Volume = massa/ massa jenis = 1/ 0,753 = 1,328 liter

2. Berapa liter berat 1 kg minyak goreng yang memiliki massa jenis 0.933 kg/ liter?
Jawab: Volume = massa/ massa jenis = 1/ 0,933 = 1,072 liter

Itulah penjelasan mengenai 1 kg  jika dihitung dalam liter. Konversi satuan ini sangatlah penting untuk dipelajari. Konversi ini tidak saja hanya muncul dalam pelajaran Matematika melainkan juga muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan perkara yang mudah memang jika seseorang masih bingung dengan penjelasan tersebut. Hal yang umum digunakan memang satuan kg, namun apalah daya jika ukuran tempat suatu benda yang dijual biasanya menggunakan takaran liter. Jadi, mengetahui tentang dua hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi Anda.

Sekian informasi mengenai 1 kg berapa liter. Jadi, simak lagi penjelasan satuan selanjutnya dalam artikel berikutnya ya. Jangan lupa, selalu ingat satuan ini sebagai wawasan untuk mengkonversikan satuan berat dan volume.[]

No comments:

Post a Comment