1 Liter Berapa kg? Berikut Jawaban dan Penjelasannya

Orang-orang sering menanyakan 1 liter berapa kg, tidak jarang juga anak-anak menanyakannya karena berhubungan dengan pelajaran matematika. Jika Anda sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, silahkan Anda simak pembahasan dibawah ini. Pembahasan akan dimulai dari definisi masing-masing satuan besaran, sehingga Anda akan memahaminya dengan mudah.

Definisi Liter

Liter merupakan satuan volume. Meski bukan Satuan Internasional atau SI, namun liter merupakan satuan volume yang terkenal dan banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, orang-orang lebih suka menggunakan satuan liter.

Simbol resmi liter adalah l (huruf L kecil), namun beberapa literature populer justru menggunakan huruf L (L kapital). Satuan volume termasuk liter secara internasional merupakan turunan dari satuan panjang. Satuan dasar volume merupakan meter kubik atau biasa ditulis dengan m3 sebagai satuan internasional. Contoh satuan volume lainnya adalah centimeter kubik (cm3) dan desimeter kubik (dm3).

Nah, karena sudah mengetahui dasar-dasar volume serta liter, maka kita sampai pada pembahasan khusus liter. Satuan ini penting dipelajari sebelum menjawab satu liter berapa kg. Dalam satuan internasional, liter ditulis sebagai dm3. Sehingga sederhananya, 1 liter merupakan 1 dm3.

Satuan Kg

Berbeda dengan satuan liter, satuan kg merupakan satuan untuk mendefinisikan massa atau berat. Kg merupakan satuan resmi atau merupakan satuan internasional untuk massa. Satuan ini merupakan turunan dari satuan dasar untuk berat, yaitu gram.

Contoh beberapa satuan massa selain kg adalah g (gram), decagram (dag) serta hectogram (hg). Berikut contohnya.

1 kg = 1000 g
1 kg = 100 dag
1 kg = 10 hg. Hg biasa dikenal dengan nama ons.

Menghitung 

Untuk memulai perhitungan, kita perlu mengetahui satu hal yang penting. Hal tersebut adalah massa jenis atau densitas. Mengapa perlu membahas massa jenis? Tentu saja karena satuan volume tidak bisa diubah ke satuan berat secara langsung. Ini karena keduanya memang berbeda.

Nah, massa jenis berbeda dengan massa. Massa jenis ini yang akan membantu kita dalam memecahkan masalah 1 liter berapa kg.

Rumus dari hubungan massa jenis, massa dan volume adalah sebagai berikut:

Massa Jenis = Massa/Volume

Jika suatu benda mempunyai massa m dan volume V, dan massa jenisnya (ρ) maka rumusnya sebagai berikut :

ρ=m/v

Satuan massa jenis adalah (satuan massa)/(satuan volume) misalnya kilogram/liter, gram/cc, kilogram/m3, dsb.

1 Liter Berapa kg? Berikut Jawaban dan Penjelasannya


Konversi liter (L) ke kilogram (kg)


Setelah kita mengetahui rumus massa jenis di atas, maka kita bisa mencari rumus untuk mengkonversi besaran volume ke massa. Maka rumusnya adalah :

Massa = Massa Jenis x Volume

m=ρ.v
dimana :
m = massa
v = volume
ρ = massa jenis

Maka untuk menghitung pertanyaan diatas, kita akan menggunakan ini.

Contoh Cara Menghitung Berat Benda Jika Diketahui Volume dan Massa Jenisnya


Untuk mencoba mengkonversikan liter ke kilogram dari  pertanyaan tersebut, kita akan menggunakan air sebagai objeknya. Sebagai contoh air mempunyai massa jenis 1kg/liter. Maka massa atau berat air sebanyak 1 liter dapat dihitung sebagai berikut:

m=ρ.v = 1 kg/L x 1 L = 1 kg.

Hal tersebut akan beda lagi jika kita menggunakan alumunium sebagai objeknya. Sebagai contoh, alumunium diketahui memiliki massa jenis 2, 712 kg/liter dengan volume 0,5 liter. Maka penghitungannya adalah sebagai berikut.

m=ρ.v= 2,712 kg/liter x 0,5 liter = 1, 356 kg.

Berdasarkan hal tersebut, ternyata ada faktor lain yang menjadi pembeda hasil konversi dari liter ke kg. Tanpa faktor tersebut, maka konversi tidak akan pernah bisa dilakukan. Untuk itu, perlunya memahami setiap rumus yang diajarkan agar paham untuk menyelesaikan masalah seperti ini.

Kesimpulannya, setiap benda akan mempunyai berat yang berbeda meski volumenya sama karena adanya perbedaan massa jenis. Jika Anda ingin selalu menjawab pertanyaan 1 liter berapa kg dengan benar, maka Anda perlu melatih diri sesering mungkin.[]

No comments:

Post a Comment