1 meter berapa cm? Berikut Jawabannya Lengkap

Ukuran panjang yang paling sering ditanyakan adalah 1 meter berapa cm. Dari mulai tingkat SD hingga tingkat perkuliahan, masalah satuan panjang ini akan selalu dibahas. Jika Anda pemula dan ingin menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan di bawah ini. Penjelasan akan dimulai dari masing-masing satuan. Sebagai permulaan, perlu diketahui bahwa meter dan cm (centimeter) merupakan satuan panjang.

1 meter berapa cm
image via soal-2000.blogspot.co.id

Satuan Meter

Satuan meter merupakan satuan dasar untuk mendefinisikan satuan panjang versi Satuan Internasional (SI). Meter ditetapkan sebagai satuan panjang pada tahun 1983 setelah mengalami perjalanan panjang. Sejarah meter dimulai sejak tahun 1791.

Dalam pengukuran panjang, meter merupakan satuan yang sering digunakan sebagai acuan. Negara-negara yang biasanya menggunakan meter adalah Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Oleh karena itu, mengonversikan ukuran panjang dengan satuan yang lain terhadap meter sangatlah penting.

Satuan Centimeter

Satuan centimeter atau yang biasa disingkat cm merupakan satuan untuk mendefiniskan panjang. Satuan ini merupakan unit untuk sistem internasional, dan untuk sistem cgs. Jika dilihat dari turunannya, cm merupakan turunan dari meter.

Hal tersebut bisa kita lihat dengan tangga konversi panjang. Biasanya kita menjumpai bahwa centimeter berada dua tingkat di bawah meter. Ini berarti untuk mengonversikan 1 meter berapa cm perlu dikali. Harus diingat bahwa konversi di dalam tangga pengukuran akan selalu dikalikan jika arahnya turun.

Konversi Meter ke cm


Karena penjelasan masing-masing satuan telah dibahas, kini kita masuk ke dalam perhitungan yang sebenarnya.

Seperti kita ketahui bahwasanya letak kedua satuan ini berada dalam satu tangga satuan panjang. Namun posisi meter lebih tinggi dua tingkat. Dalam pengukuran atau konversi manapun, ketika satuan yang akan dikonversikan ternyata lebih tinggi posisinya, maka caranya adalah dikalikan.

Hal ini juga berlaku untuk konversi dari bilangan meter ke cm. Nah, untuk penghitungannya akan dijelaskan seperti berikut ini.

Karena dari meter ke centimeter berjarak dua tangga, maka dalam konversinya dikalikan dengan bilangan 100. Sehingga ketika Anda ingin menemukan jawaban 1 meter berapa cm, maka Anda tinggal mengalikannya dengan angka 100. Sehingga dapat diketahui bahwa setiap 1 meter mewakili 100 centimeter. Contoh lainnya akan diberikan dibawah ini.

Jika Anda ingin mengonversikan 8 meter menjadi bilangan centimeter, maka Anda tinggal mengalikannya dengan bilangan 100. Bilangan 8 dikali dengan 100 adalah 800. Dengan demikian, 8 meter jika dikonversikan menjadi centimeter adalah 800 cm.

Hal tersebut juga berlaku untuk bilangan decimal. Sebagai contoh adalah bilangan 0,25 meter akan dikonversikan menjadi centimeter. Maka Anda tinggal mengalikan angka 0,25 tersebut dengan angka 100. Hasil dari 0,25 dikalikan dengan 100 ada 25. Sehingga nilai 0,25 meter itu setara atau sama dengan 25 centimeter.

Dengan demikian, setiap bilangan meter yang akan dikonversikan menjadi centimeter haruslah dikalikan dengan bilangan 100. Hal ini karena setiap turun satu tingkat dikalikan bilangan 10. Jika bilangan yang dimaksud adalah bilangan decimal, maka perlu ketelitian lebih lanjut.

 Jawaban dari pertanyaan 1 meter berapa cm adalah 100 cm

Rumus perhitungan/konversi dari meter ke cm


...meter x 100 = ....cm

Contoh perhitungan dari meter ke cm


Jika ada pertanyaan 6 meter berapa cm? Berikut cara menghitungnya:

6 meter x 100 = 600 cm

Jadi jawabannya 6 meter sama dengan 600 cm.

Contoh lain Dari Meter ke Cm

1 meter = 100 cm
2 meter = 200 cm
3 meter = 300cm
4 meter = 400 cm
7 meter = 700 cm
10 meter = 1000 cm
11 meter = 1100 cm
12 meter = 1200 cm


Rumus perhitungan/konversi dari cm ke meter


....cm : 100 = ....meter

Contoh perhitungan untuk cm ke meter



Jika ada pertanyaan 600 cm berapa meter? Berikut cara menghitungnya:

600 cm : 100 = 6 meter

Jadi jawabannya 600 cm sama dengan 6 meter.

COntoh Lain Dari Cm ke Meter

2 cm 0.02 meter
3 cm 0.03 meter
4 cm 0.04 meter
7 cm 0.07 meter
10 cm 0.1 meter
11 cm 0.11 meter
25 cm 0.25 meter

Mudah sekali bukan? Untuk mengkonversi meter ke sentimeter, cukup dikalikan dengan 100. Sedangkan untuk mengkonversi sentimeter ke meter, cukup dibagi dengan 100.

Memahami dasar konversi tersebut merupakan salah satu ilmu dasar dalam pengukuran, sehingga satu pemecahan masalah dasar akan berpengaruh dalam pengukuran nantinya. Karena 1 meter berapa cm yang sama dengan konversi dasar telah dijelaskan serta diberi contoh, maka kini bisa dengan mudah mengonversikan dengan bilangan lain. Bagaimana? Sudah jelas bukan penjelasan mengenai meter ke cm?

No comments:

Post a Comment