1 pon Berapa gram? Berikut Jawaban Lengkap dan Penjelasannya

1 pon berapa gram ? Pernahkah Anda menjawab pertanyaan yang satu ini? Pon adalah salah satu jenis satuan yang kurang populer digunakan di kalangan masyarakat Indonesia. Satuan ini pada dasarnya merupakan satuan jenis metrik dan diturunkan dari jenis imperial pound. Sebenarnya, 1 pon berapa gram? Simaklah penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai satuan pon dan gram.

Konversi Pon ke Gram yang Penting Untuk Diketahui


Meskipun satuan pon jarang sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun penjelasan mengenai satauan ini penting untuk disimak. Bagaimanapun juga, satuan ini digunakan di bangku sekolah untuk tujuan edukasi. Jadi, satuan pon sangat menarik dan penting untuk dipelajari.

Satuan pon Tidak Sama dengan Satuan pound (lb)

Sebagai informasi bagi Anda bahwa satuan pon dan pound tidaklah sama. Satuan pon memiliki simpol lb atau libra dalam bahasa romawi. Sedangkan satuan pon merupakan satuan yang berasal dari bahasa Belanda. Di Belanda, satu pon berat sama dengan 500 gram. Lalu, satu pon berapa gram dalam satuan di Indonesia?

Baca juga: 1 Liter Berapa kg? Berikut Jawaban dan Penjelasannya

Banyak negara yang menggunakan satuan pound tanpa mengacu pada pound secara imperial. Dengan demikian, satuan pound yang digunakan tidak berdasarkan dengan satuan grains yang digunakan. Akan tetapi, satuan yang digunakan menggunakan kesetaraan dalam sistem metrik. Sedangkan pada sistem metrik, satuan dasar yang digunakan dalam pengukuran berat adalah satuan gram.

Baca juga: 1 Kg Berapa Liter? Temukan Jawabannya Di sini

1 pon ada berapa gram? Dengan demikian, pertanyaan ini akan lebih mudah dijawab. Hal ini dikarenakan satuan pound yang didasarkan pada satuan metrik gram. Namun demikian, satuan pound yang didasarkan pada gram disebut juga dengan satuan pound yang tidak resmi atau informal.

Kebanyakan negara menyebutkan bahwa satu pound didefinisikan dengan 500 gram. Contoh negara yang menganut sistem ini adalah pfun (Jerman), pon (Indonesia), libbra (Italia), pond (Belanda), Livre (Perancis) dan beberapa negara lainnya. Indonesia ternyata menjadi salah satu negara yang menganut informal pound.

Jadi jawaban dari pertanyaan satu pon berapa gram adalah 500 gram.

Penggunaan satuan pon metrik di Indonesia memiliki sejarah yang cukup menarik. Meskipun satuan ini sudah jarang digunakan di Indonesia, namun satuan ini memang merupakan satuan warisan sejak jaman penjajahan Belanda. Seperti yang Anda ketahui, Belanda telah menjajah Indonesia dalam waktu yang cukuplama.

Lihatlah penjelasan konversi satuan pon dalam kg yang lebih mudah melalui contoh berikut ini!

1 pon = 0.5 kg
1 pon = 5 hectogram
1 pon = 50 decagram
1 pon = 500 gram
1 kg =  1000 gram, maka
1 kg =  2 pon

Tabel Konversi dari pon ke gram

PonGram
1 pon500 gram
2 pon1000 gram
3 pon1500 gram
3.5 pon1750 gram
4 pon2000 gram
4.5 pon2250 gram
5 pon2500  gram
6 pon3000  gram
7 pon3500  gram
8 pon4000  gram

Contoh Soal Konversi dari pon ke gram


1. Hitunglah 5 kg+ 6 pon dalam satuan gram
Jawab :

5 kg = 5000 gram
6 pon = 6 x 500 gram = 3000 gram
Maka jawabannya adalah 5000 gram +3000 gram=8000 gram

2. Ibu membutuhkan 1 pon terigu untuk membuat 8 kue. Berapa gram berat terigu yang digunakan untuk membuat masing-masing kue?

Jawab : 1 pon terigu = 500 gram
Terigu yang digunakan 1 kue = 500 gram/ 8 = 62.5 pon

Jadi, satuan pon memang seringkali dikaitkan dengan satuan berat. Itulah mengapa satuan pon sering dikonversikan ke dalam satuan  gram. Jadi, apakah Anda masih merasa bingung dengan contoh yang telah disebutkan di atas? Yang perlu Anda ingat adalah 1 pon = 500 gram dan sebaliknya.

Jika Anda memahami contoh soal di atas, maka konversi pon ke gram ataupun sebaliknya akan terasa jauh lebih mudah. Sekian jawaban dari 1 pon berapa gram dan penjelasannya dalam latihan soal. Semoga membantu![]

No comments:

Post a Comment