1 pon berapa kg? Ini dia Jawaban Lengkapnya

1 pon berapa kg? - Meski jarang ditanyakan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun mengetahui jawaban satu pon berapa kilogram merupakan sebuah keperluan. Banyak orang awam yang tidak tahu apa itu pon. Mengapa bisa terjadi? Hal ini dikarenakan pon merupakan satuan yang tidak biasa digunakan di negara kita sendiri. Namun di negara lain banyak pula yang menggunakan satuan pon. Di Asia sendiri, orang-orang lebih memilih kg untuk satuan massa termasuk Indonesia. Untuk Anda yang masih pemula untuk belajar pon, maka perhatikan penjelasan di bawah ini. Akan dijelaskan satu-persatu terlebih dahulu.

1 pon berapa kg? Ini dia Jawaban Lengkapnya


Satuan pon

Pon termasuk dalam satuan berat atau satuan untuk mendeskripsikan massa suatu benda. Dibeberapa negara, pon juga sering untuk digunakan dalam mendefiniskan berat badan.

Dalam satuan, pon merupakan nilai setengah dari 10 ons. Sehingga setiap 10 ons adalah 50 pon sekaligus. Dengan adanya dasar ini, semoga Anda mampu memahaminya dan bisa melanjutkan perhitungan yang sama ke depannya.

Satuan Kg

Satuan kg atau yang biasa disebut kilogram adalah satuan unit SI (Satuan Internasional) untuk mendefinisikan satuan massa. Satuan standar sebagai acuan kilogram adalah satuan kilogram standar yang kini disimpan di Perancis.

Dalam kehidupan sehari-hari, satuan kg banyak digunakan untuk mendefinisikan berat. Padahal dalam dunia sains, massa dan berat merupakan dua hal yang berbeda. Dengan adanya perbedaan ini, diharapkan setiap orang tahu bahwa massa dan berat itu beda, hanya cara pandangnya yang mungkin sama.

Sebagai tambahan informasi, satuan pon dan kg itu berada dalam satuan yang sama sebagai unit untuk massa. Perbedaannya adalah nilai setiap pon dibandingkan nilai setiap kg itu berbeda. Nilainya lebih tinggi kg.

Konversi satuan pon ke kilogram


 Kini tiba saatnya menghitung 1 pon berapa kg dalam penjelasan yang lengkap.

Sebagai permulaan, perlu diketahui bahwa 1 pon merupakan 5 ons. Di mana setiap 10 ons adalah 1 kg. Ini berarti bahwa nilai 1 pon di dalam kg adalah bernilai sedikit. Melihat kasus ini, berarti setiap setiap 1 kg mengandung 2 pon. Atau jika dibalik adalah setiap 1 pon kita mendapatkan 0,5 kg.

Sebagai contoh adalah ada 4 pon barang yang ditinggal. Nah untuk menghitungnya, tinggal kalikan 4 pon tersebut dengan bilangan 0,5 kg. Hasil ini diperoleh nilai 2. Ini berarti bahwa pon bernilai sedikit jika dikonversikan ke kg.

Rumus Konversi Pon ke kg


Karena 1 pon adalah 0,5 kg, maka kita bisa memperoleh perhitungan konversi pon ke kilogram sebagai berikut :

....pon x 0,5 = ....kg

Contoh Perhitungan pon ke kg


Misal kan ada pertanyaan 20 pon itu berapa kg, maka bisa kita hitung sebagai berikut :

20 pon x 0,5 = 10 kg

Jadi 20 pon itu ada 10 kg.

Sedangkan untuk konversi kg ke pon bisa kita peroleh rumus sederhana sebagai berikut:

Rumus konversi kg ke pon


Seperti kita ketahui sebelumnya dimana satu pon sama dengan 0,5 kg, sehingga bisa kita peroleh rumus,

....kg : 0,5 = ...pon

Contoh perhitungan kg ke pon


Misal kan ada pertanyaan 10 kg itu berapa pon, maka bisa kita hitung sebagai berikut :

10 kg : 0,5 = 20 pon

Jadi 10 kg itu ada 20 pon.

Penjelasan selanjutnya serta contoh soal-soal berada di bawah ini. 

Setelah tahu bagaimana menyelesaikan masalah pon dalam contoh di atas, Anda harus kembali berlatih menjawab soal lagi. Berikut ini di bawah akan disediakan satu soal beserta jawabannya agar Anda bisa memahami kembali dan bisa dipraktekkan ke depannya.

Baca juga: 1 pon berapa gram?

Contoh soal adalah jika kita ingin mengkonversikan 10 pon ke dalam bentuk kg. Ambillah contoh diatas mengenai 1 pon berapa kg, dimana 1 pon mewakili 0,5 kg. Jika setiap 1 pon mewakili 0,5 kg, maka Anda bisa menghitung sendiri. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan bilangan 10 terhadap bilangan 0,5. Hasilnya adalah 5. Nah berarti 10 pon jika dikonversikan ke dalam kg adalah 5 kg.

Selanjutnya adalah konversi dari 20 pon ke kilogram. Caranya hanya mengikuti contoh soal di atas. Yaitu dikalikan dengan 0,5. Maka akan diperoleh dari hasil 20 dikalikan 0,5 adalah 10. Artinya adalah 20 pon sama dengan 10 kg.

Kesimpulannya adalah untuk mengonversi dari pon ke kg, Anda perlu mengalikannya dengan angka 0,5. Dengan demikian, kelak jawaban 1 pon berapa kg dan pertanyaan selanjutnya bisa Anda jawab.

No comments:

Post a Comment