Konversi Satuan Dalam Matematika

Konversi Satuan - Matematika memiliki banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Salah satu hal yang penting untuk dipelajari dalam Matematika adalah konversi satuan. Pernahkah Anda mempelajarinya? Tentu saja pernah bukan? Dari bangku Sekolah Dasar, pelajaran ini sudah diperkenalkan. Oleh karena itu, perdalamlah materi tersebut dalam artikel kali ini.

Satuan dalam matematika memiliki banyak sekali macam. Contohnya saja satuan luas, satuan panjang, satuan isi, satuan massa, satuan tekanan, dan satuan energi. Semua hal tersebut memiliki satuan yang berbeda-beda dalam penggunaannya.

Satuan ukur atau satuan merupakan satuan yang digunakan untuk memastikan suatu kebenaran dari ukuran tertentu. Ini bisa digunakan dalam berbagai disiplin ilmu untuk mengkonversikan suatu ukuran ke dalam ukuran lainnya. Contohnya saja, jika Anda ingin mengkonversikan satuan dari meter ke centimeter.


Macam-Macam Konversi Satuan


Seperti yang telah disebutkan di atas, konversi satuan memiliki jenis yang sangat banyak. Jenis-jenis tersebut mulai dari satuan tekanan, massa, panjang, volume, luas, dan sebagainya. Oleh karena itu, mari pelajari satu per satu.

Konversi satuan panjang


Satuan panjang biasanya digunakan dalam menentukan jarak suatu tempat. Anda pasti pernah mempelajari tentang jarak, kecepatan, dan waktu dalam Matematika bukan? Ketika Anda disuruh mencari jarak, jawaban yang nantinya akan ditemukan pastilah menggunakan satuan panjang.
Konversi satuan panjang
via soal-2000.blogspot.com

Melakukan konversi satuan panjang berarti Anda harus mengubah suatu satuan panjang ke dalam satuan panjang lainnya. Satuan panjang yang paling umum digunakan adalah satuan Meter. Berikut urutan satuan terpanjang meter mulai dari yang terpanjang hingga ke yang terpendek.

km = kilometer
hm = hektometer
dam= dekameter
m=meter
dm= desimeter
cm= centimeter
mm = milimeter

Satuan-satuan panjang tersebut dapat dikonversikan dalam jenis satuan panjang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini!


  1. 1 km = 10 hm = 100 dam = 1000 m = 10.000 dm = 100.000 cm = 1.000.000 mm
  2. 1 mm= 0,1 cm = 0,01 dm = 0,001 m= 0,0001 dam = 0,000001 hm = 0,000001 km.


Intinya, setiap naik satu satuan Anda harus mengalikannya dengan 10. Sedangkan jika turun satu satuan, Anda harus membaginya dengan 10. Perhatikan contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal Konversi Satuan Panjang

1. Ani berkendara dari Kota A menuju kota B dalam jarak 15 km. Riko berkendara dari kota B menuju kota C dengan jarak 17 km. Berapa meterkah jarak dari kota A ke kota C?

Jawab:
A – B = 15 km= 15.000 meter
B – C = 17 km= 17.000 meter
Jarak A ke C = 15.000 meter + 17.000 meter = 32.0000 meter

2. 19 dam + 0,10 km = .......m
19 dam = 190 m
0,10 km = 100 m
Jadi, jawabannya adalah 190 m + 100 m = 290 meter

Mudah bukan untuk mempelajari satuan panjang??? Jika konversi satuan panjang sudah Anda mengerti, mari lanjutkan ke konversi satuan berat.

Konversi satuan berat


Satuan massa berbeda dengan satuan berat. Meskipun kelihatannya sama, namun kedua satuan ini ternyata berbeda ya. Massa jika dibawa ke mana pun juga akan memiliki nilai yang sama. Hal ini akan berbeda dengan berat. Berat jika dipindahkan ke suatu tempat tertentu akan dipengaruhi oleh gravitasi bumi.
Konversi satuan berat
via soal-2000.blogspot.com

Ada berbagai satuan berat yang bisa Anda. Seperti halnya dengan satuan panjang, satuan berat pun memiliki ukuran mulai dari ukuran yang terbesar hingga dengan yang terkecil.

Satuan berat mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil adalah sebagai berikut!!

kg = kilogram
hg= hectogram
dag= decagram
g = gram
dg=desigram
cg =centigram
mg = miligram

Sama juga dengan ukuran panjang, jika suatu satuan turun 1 tingkatan maka Anda harus mengalikannya dengan 10. Sebaliknya, jika suatu ukuran naik 1 tingkatan maka Anda harus membaginya dengan 10. Mudah bukan??

1 kilogram = 10 hg
1 hectoram = 10 dag
1 gram = 10 dg
Begitu seterusnya, sehingga jika Anda membaliknya, maka hasilnya adalah sebagai berikut!
1 hectogram = 0,1 kg
1 miligram =0,0001 gram
1 gram = 0,0001 kilogram

Selain satuan gram, ada pula satuan berat lainnya yang seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Satuan-satuan tersebut seperti ton, kuintal, maupun pon.

1 ton = 1000 kg
1 kuintal = 100 kg
1 ton = 10 kuintal
1 kg = 2 pon
1 pon= 5 ons
1 kg = 10 ons

Contoh Soal Konversi Satuan Berat

Ibu membeli 8 pon tepung dan 0,5 kg minyak. Berapa gram jumlah belanjaan yang ibu beli?
8 pon = 4 kg= 4.000 gram
0,5 kg = 500 gram
Jumlah belanjaan ibu adalah 4.500 gram

Konversi satuan waktu


Selain satuan berat dan satuan panjang, ada pula jenis konversi satuan waktu. Waktu terus berjalan dengan cepat sehingga tanpa Anda sadari hari demi hari berlalu dengan cepatnya. Satuan waktu juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh dari satuan waktu adalah hari, jam, menit, dan detik atau sekon.
Konversi satuan waktu
via www.slideshare.net/CenilSiMonsterKecil/media-5a-new

1 hari = 24 jam
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
1 jam = 3.600 detik
1 hari = 86.400 detik

Contoh Soal Konversi Satuan Waktu

Ayah bekerja dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Berapa menitkah ayah Bekerja??
Jawab: Dari pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore melalui waktu 9 jam
1 jam = 60 menit
Maka 9 jam = 9 x 60 menit = 540 menit

Konversi Satuan Luas


Satuan luas seringkali diakhiri dengan kata persegi. Persegi dituliskan dengan pangkat 2. Meter persegi adalah satuan luas yang paling umum digunakan. Untuk lebih jelas dalam memahami satuan luas, Anda bisa mempelajari penjelasan berikut ini!
Konversi Satuan Luas
via beritakotabontang.blogspot.co.id

km ² = kilometer persegi
hm ² = hektometer persegi
dam ² = dekameter persegi
m ² = meter persegi
dm ² = desimeter persegi
cm ² = centimeter persegi
mm ² = milimeter persegi

Satuan luas hampir sama dengan satuan panjang bukan? Namun jika konversi satuan panjang setiap turun 1 tingkat dikalikan dengan 10, namun dalam satuan luas jika turun 1 tingkat dikalikan dengan 100. Begitu pula sebaliknya jika naik satu tingkatan maka dibagikan dengan 100.

Selain meter persegi, satuan luas seringkali menggunakan satuan hektar. Untuk informasi bagi Anda bahwa 1 hektar artinya sama dengan 10.000 meter persegi. Luas tanah atau pun bangunan seringkali menggunakan satuan hektar maupun satuan meter persegi.

Itulah beberapa jenis konversi satuan yang seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki pemahaman tentang konversi satuan sangatlah penting untuk mengetahui bermacam-macam hal dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai konversi satuan, Anda bisa mengerjakan contoh soalnya! Bagaimana, belajar Matematika memang asyik dan menyenangkan bukan?? Masih banyak lagi jenis konversi satuan lainnya yang siap menanti Anda!

No comments:

Post a Comment