Cara Menghitung Persen Dengan Cepat, Disertai Rumus dan Contoh Soal

Cara Cepat Menghitung Persen, Disertai Rumus dan Contoh Soal Lengkap - Bentuk persen dipelajari dalam Ilmu Matematika. Matematika mempelajari berbagai bidang ilmu yang termasuk di dalamnya adalah operasi hitung. Operasi hitung dalam bentuk persen memilki berbagai macam metode mudah yang bisa digunakan. Itu semua dipelajari dalam Ilmu Matematika. Cara menghitung persen yang mudah bisa menjadi referensi bagi Anda para pengajar atau pun peserta didik.

Berbagai macam contoh soal yang mudah dalam penghitungan persen bisa memudahkan Anda dalam belajar Matematika. Terlebih lagi, pelajaran mengenai persentase saat sekarang ini sudah mulai diajarkan mulai dari Tingkat Dasar.

Materi perhitungan mengenai persentase nyatanya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, Matematika memang merupakan suatu jenis ilmu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Materi-materi tentang perhitungan persentase pada umumnya digunakan dalam suatu bentuk usaha jual beli dan beberapa macam hal lainnya.


Cara Menghitung Persen Menggunakan Rumus

Cara Menghitung Persen

Cara menghitung persen dengan lebih mudah adalah dengan menggunakan rumus. Ada berbagai macam rumus mudah yang digunakan dalam penghitungan persen. Berikut cara penghitungan persen yang mudah:

Rumus Penghitungan persen


Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100

Dengan menggunakan rumus di atas, maka cara penghitungan Matematika akan menjadi lebih mudah. Anda bisa mengubah bentuk persen menjadi suatu pecahan tertentu atau pun sebaliknya. Anda juga bisa mengubah bentuk desimal, bentuk pecahan campuran, dan bentuk lain yang memungkinkan menjadi bentuk persen.

Untuk menghitung pecahan yang akan menjadi persentase, Anda harus mengalikan rasio atau pecahannya dengan angka 100. Dengan demikian, nantinya hasil yang akan didapatkan adalah bentuk persentase. Rumus yang digunakan untuk menghitung pecahan menjadi suatu nilai persentase pun sama saja. Contohnya saja 40% dari 400 = 40/100x400 = 160

Untuk lebih memudahkan cara menghitung persen, Anda dapat menyimaknya dalam beberapa contoh mudah berikut ini!

Contoh Soal Menghitung Persen


Contoh soal 1: Suatu botol berisi air sebanyak 400 ml. Kemudian, ayah menambahkannya dengan 40 ml air. Berapa persenkah kenaikan volume air setelah ditambahkan oleh Ayah?

Jawab:
Berdasarkan rumus yang telah disampaikan di atas, bagian di sini adalah 40 ml yang ditambahkan ke dalam 400 ml air.
Persentase kenaikan volume air adalah sebagai berikut:

(40 ml/ 400 ml)x 100 % = 10%
Jadi, kenaikan volume air setelah ditambahkan oleh Ayah adalah 10%

Contoh soal 2: Ibu membeli baju di Swalayan. Harga baju tersebut adalah Rp 80.000. Ibu mendapatkan potongan harga sebanyak 10%. Dengan demikian, berapa rupiah harga yang harus ibu bayarkan?

Jawab:
Cara Pertama
Nilai Persen = (10/ 100) x 80.000 = 8000
Jadi, jumlah uang yang harus dibayarkan ibu adalah Rp 80.000-Rp 8.000 = Rp 72.000

Cara Kedua
Nilai Persen = 10 x 80.000/100 = 8.000
Jadi, harga baju yang harus dibayarkan oleh ibu adalah Rp 80.000 – Rp 8.000 = Rp 72.000

Jika anda sudah mengetahui suatu nilai dari pecahan tertentu, maka Anda pun bisa mencari tahu Rp 8.000 itu berapa persen dari Rp 80.000
Caranya adalah sebagai berikut:
8.000/80.000x100 = 10%

Ternyata cukup mudah bukan untuk menghitung soal persen? Apakah Anda masih ingin memperhatikan bentuk contoh soal yang lainnya? Tentu saja, inilah beberapa soal dalam bentuk persen yang lainnya untuk Anda!

Contoh Soal Menghitung Persentase Lainnya


1. Contoh Soal Menghitung Persentase

Untuk menjalankan usahanya, Reno melakukan pinjaman di Bank. Reno meminjam uang di Bank dalam jumlah Rp 130.000.000,-. Angsuran pertama yang dibayarkan Reno adalah Rp 4.730.000,-. Reno berencana untuk melakukan angsuran selama 47 kali. Berapa persen angsuran yang harus dibayarkan oleh Reno dalam setiap bulannya?

Jawab:
Pinjaman Reno = Rp 130.000.000
Angsuran yang harus dibayar adalah = Rp 4.730.000 x 47 = Rp 222.310.000
Persentase angsuran yang harus dibayarkan = 130.000.000  222.310.000 x 100
Persentase angsuran menjadi 58.47 %

Cara lainnya adalah sebagai berikut:
Pinjaman Reno adalah 130.000.000 / 47 kali angsuran = 2.765.957
Angsuran yang dibayarkan per bulan adalah Rp 4.730.000
Maka Persentase yang harus dibayarkan adalah
/ 4.730.000 x 100
Maka hasil persentase yang didapatkan adalah 58.47 %

2. Contoh Soal Menghitung Persentase

Ada 10 buah apel di atas meja. Bila Uji mengambil 2 apel di atas meja, berapa persenkah jumlah Apel yang tersisa?

Jawab:
Jumlah seluruh buah apel adalah = 10
Jumlah buah apel yang diambil adalah = 2
Sisa buah apel yang ada di atas meja adalah = 8
Persentase sisa apel yang ada di atas meja adalah = (8/10)x100% = 80%
Jadi, sisa buah apel yang ada di atas meja adalah 80%

Pertanyaan nomor 2 tersebut bisa saja di ubah dalam bentuk pertanyaan lainnya. Jenis pertanyaan lain yang sering diajukan adalah berapa persen jumlah apel yang diambil oleh Uji? Cara mengerjakannya pun sama mudahnya dengan cara mengerjakan pertanyaan di atas

Persentase buah apel yang diambil oleh Uji adalah = (2/10)x 100% = 20%

Jadi, Uji telah mengambil 20% bagian apel dari atas meja. Atau, Anda bisa saja langsung mengurangkan 100%-20% = 80%.

Ternyata cukup mudah dan tidak seribet yang Anda bayangkan bukan?

Rumus Mencari Persen


Cara menghitung persen yang masuk dalam Ilmu Matematika ini seringkali dikaitkan dalam hal perdagangan dan masih banyak lagi hal lainnya. Contohnya saja, untuk menghitung suatu diskon dari suatu barang dan untuk menghitung persentase pinjaman dari bank seperti yang telah disebutkan dalam contoh di atas.

Pada dasarnya, menghitung persen bisa Anda lakukan secara manual ataupun menggunakan kalkulator. Contoh-contoh di atas adalah contoh penghitungan persen menggunakan manual. Jadi, tanpa menggunakan kalkulator pun sangatlah mudah dalam menghitung persen. Tidak mungkin bukan menghitung persen menggunakan kalkulator saat Anda sedang ujian?

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung persen secara manual. Hal yang sangat penting untuk diketahui dan diingat jika menghitung dalam bentuk persen adalah mengetahui tentang jumlah keseluruhan dari suatu benda yang akan dihitung dan berapa jumlah bagian yang akan dijadikan sebagai persentase dari keseluruhan barang.

Belajar Matematika itu sangatlah mudah. Mengapa demikian? Mudahnya belajar Matematika adalah karena belajar ilmu ini adalah dengan menggunakan logika dan bilangan. Bila terdapat berbagai macam kesulitan ketika mempelajari ilmu Matematika, Anda bisa memperbanyak latihan dan terus belajar untuk lebih mudah. Kunci belajar Matematika dengan lebih mudah adalah terus belajar dan terus berlatih mengerjakan soal.

Bila terdapat berbagai macam kesulitan dalam cara menghitung persen, terdapat banyak sumber dari para ahli dan guru yang sangat bisa dipercaya. Jadi, menghitung persen itu mudah dan tidak perlu dibuat sulit. Yang membuat sulit belajar Matematika adalah adanya sugesti bahwa Matematika itu sulit.

Jika Anda sudah berpendapat bahwa Matematika itu mudah, maka belajar Matematika pun pasti akan lebih mudah. Termasuk di dalamnya belajar cara menghitung persen. Ayo terus asah kemampuan Anda dalam menghitung persen. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment