Pengertian Matematika dan Sejarah Ilmu Matematika

Pengertian Matematika - Matematika adalah ilmu yang pasti. Banyak orang yang suka pelajaran Matematika. Apakah Anda adalah termasuk salah satunya? Jika Anda suka belajar Matematika, tahukah Anda apa pengertian matematika? Matematika menjadi salah satu pelajaran yang telah diajarkan dari tingkat Dasar. Bahkan, kini Matematika sudah mulai diperkenalkan dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini.

Asal muasal Matematika menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk dipelajari. Sebenarnya, darimanakah asal kata Matematika?? Untuk Anda yang penasaran dengan hal tersebut, mari simak lebih lanjut tentang pengertian Matematika dan juga asal muasal adanya ilmu Matematika yang Anda pelajari hingga saat sekarang ini!


Pengertian Ilmu Matematika


Sebagian besar orang berpendapat bahwa Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang hitungan. Berhitung memang pastinya dipelajari dalam ilmu matematika. Dalam Matematika, akan diajarkan berhitung mulai dari penambahan, pengurangan, pembagian, bahkan perkalian. Selain itu, masalah bangun ruang, struktur, sudut, bahkan perubahan dari bilangan-bilangan juga dipelajari dalam ilmu Matematika.
Pengertian Matematika dan Sejarah Ilmu Matematika
aaps10.blogspot.co.id

Pengertian Matematika dilihat dari asal muasal bahasanya ternyata diambil dari bahasa Yunani. Matematika dalam bahasa Yunani disebut dengan Mathematikos. Mathematikos memiliki arti ilmu pasti dalam Bahasa Yunani. Dengan demikian, benarlah jika Matematika merupakan sesuatu ilmu yang pasti.

Dalam Bahasa Belanda, Matematika disebut dengan Wiskunde. Wiskunde dalam Bahasa Belanda memiliki arti Ilmu tentang Belajar. Berikut definisi dari Matematika yang dikutip dari  Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Matematika adalah ilmu  yang didalamnya adalah tentang bilangan. Segala sesuatu  yang berubungan dengannya adalah yang mencakup segala bentuk prosedur operasioal. Itu semua digunakan dalam menyelesaikan masalah mengenai bilangan”.

Beberapa ahli lainnya juga ikut andil dalam mengartikan ilmu Matematika.

Menurut Johnson dan Rising“Matematika adalah pola berpikir. Ini merupakan suatu pembuktian yang logik dan pola mengorganisasikan, Matematika adalah suatu bahasa dengan menggunakan istilah yang dapat didefinisikan secara akurat, cermat, dan jelas. 
Yansen Marpaung“Ilmu Matematika merupakan suatu ilmu yang dalam perkembangannya serta penggunaannya dengan menganut metode deduksi”

Susilo“Ilmu Matematika bukanlah hanya sekedar kumpulan angka serta berbagai rumus yang tidak ada hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebaliknya, ilmu Matematika tumbuh dan berakar dari kehidupan sehari-hari”.

Dengan demikian, segala bentuk operasional seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dipastikan dipelajari dalam Ilmu Matematika.

Dari semua penjelasan tentang pengertian Matematika menurut pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa Matematika merupakan suatu ilmu yang pasti yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perlunya pemahaman tentang Matematika dapat diaplikasikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan cara yang lebih mudah.

Seseorang yang ahli dalam bidang Matematika disebut dengan Matematikus atau disebut juga dengan Matematikawan. Sedangkan untuk sesuatu yang sangat pasti dan sangat tepat biasanya disebut dengan Matematis.

Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, rugi pastinya jika Anda tidak mempelajari Matematika dengan sebaik mungkin. Pelajaran Matematika bisa diaplikasikan dalam berbagai macam hal di keseharian Anda. Misalnya saja dalam transaksi perdagangan, dalam kegiatan pertukangan, dalam berbagai macam pengukuran, dan masih banyak lagi hal lainnya yang berhubungan dengan ilmu Matematika.

Sebagai ilmu yang pasti yang selalu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Matematika memang menempati posisi yang khusus di dalam pelajaran. Mulai dari tingkat dasar hingga tingkat pendidikan Menengah Atas, pelajaran Matematika selalu dijadikan materi dalam ujian sekolah dan ujian Nasional.

Bahkan, banyak pula suatu instansi atau perusahaan tertentu yang memperhitungkan nilai Matematika bagi orang yang ingin melamar pekerjaan di tempatnya. Dalam berbagai macam tes seperti psikotes dan tes lainnya, pelajaran Matematika seringkali diperhitungkan dan dijadikan tes untuk menguji.

Pengertian Matematika yang telah disampaikan di atas sebagai salah satu ilmu yang pasti dan berguna dalam kehidupan sehari-hari memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan ilmu yang lainnya. Ilmu Matematika sangatlah fleksibel. Ilmu Matematika juga bisa mengimbangi perkembangan jaman dan tidak pernah lekang oleh waktu.

Karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan ilmu lainnya, Matematika seringkali disebut dengan ratu segala Ilmu. Rasanya, sangat pas sekali julukan “ratu segala ilmu” tersebut untuk ilmu Matematika. Bahkan, sekarang ini ilmu Matematika bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi Komputer. Adanya bahasa program yang efektif untuk ilmu Matematika membuat belajar ilmu Matematika menjadi lebih asyik dan lebih menyenangkan.

Ada beberapa hal atau komponen yang penting yang dipelajari dalam ilmu Matematika. Keempat hal tersebut adalah sebagai berikut

1. Struktur
Dalam komponen struktur, ada beberapa hal yang dipelajari. Itu semua adalah fungsi, kalkulus, dan juga himpunan. Itu semua telah mulai diajarkan mulai dari Pendidikan Menengah Pertama dan Menengah Atas.

2. Ruang
Komponen kedua yang dipelajari dalam ilmu Matematika adalah Ruang. Anda tentu pernah mempelajari bangun ruang dalam Ilmu Matematika bukan? Itu semua masuk dalam komponen Rung. Ada beberapa hal yang dipelajari dalam komponen ruang di dalam Ilmu Matematika yaitu Trigonometri, Geometri, dan Teorema Phytagoras.

3. Perubahan
Komponen ketiga yang dipelajari dalam Ilmu Matematika adalah Perubahan. Dalam komponen perubahan, hal yang dipelajari ada 3 macam hal. Pertama adalah determinasi, kedua adalah fungsi, dan yang terakhir adalah analysis.

4. Besaran
Komponen terakhir yang dipelajari dalam ilmu Matematika adalah besaran. Dalam komponen besaran, hal yang dipelajari adalah jenis-jenis bilangan dan juga teori bilangan.

Menurut penelitian dan disiplin ilmu, pengertian Matematika dapat memasuki beberapa cabang ilmu. Cabang ilmu yang dipelajari dalam Matematika tentulah sangat banyak. Beberapa diantaranya mungkin pernah Anda pelajari dalam pendidikan Anda. Beberapa Cabang ilmu Matematika adalah sebagai berikut:


  1. Matematika Ekonomi
  2. Matematika Komputasi
  3. Matematika Diskrit
  4. Matematika Aplikasi
  5. Aritmatika
  6. Kalkulus
  7. Trigonometri
  8. Geometri
  9. Aljabar
  10. Probabilitas
  11. Statistika


Itu semua adalah cabang-cabang ilmu Matematika yang kesemuanya belum tentu dipelajari oleh semua orang. Sebagian besar orang mungkin hanya mempelajari ilmu Matematika secara sebagian. Hal tersebut berhubungan dengan pendidikan yang ditempuh. Dari pendidikan rendah, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi, pelajaran Matematika yang diajarkan pastinya berbeda-beda.

Dalam tingkatan yang paling rendah, ilmu Matematika yang dipelajari adalah Ilmu hitung, aljabar, dan juga ilmu ukur. Meskipun demikian, ketiga hal tersebut yang notabene dipelajari dalam ilmu Matematika juga tentunya diterapkan dalam ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu Biologi, Fisika, Sosiologi, Ekonomi, bahkan ilmu Kedokteran.

Perkembangan ilmu Matematika nyatanya tidak pernah berhenti hingga zaman sekarang. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal ini dikarenakan ilmu Matematika selalu dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa Ilmu Matematika terus berkembang dari masa ke masa dan tidak pernah lekang oleh waktu.

Jadi, ada baiknya untuk memahami pengertian Matematika terlebih dahulu sebelum belajar Matematika. Dengan mengetahui tentang penjelasan serta definisi dari Matematika, pembelajaran Matematika pun bisa dipahami dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan. Jadi, apakah Anda sudah paham dengan pengertian dari Ilmu Matematika?

Jadilah orang yang pintar dalam Ilmu Matematika. Jadi Matematikus itu sangat menyenangkan lho. Tidak percaya?? Coba saja.

No comments:

Post a Comment