Belajar Satuan Berat Matematika Paling Efektif

Satuan Berat - Sebagai ilmu pasti, Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat menarik untuk dibahas. Banyak orang yang suka pelajaran Matematika karena asyik dan menyenangkan. Satuan berat adalah salah satu materi yang dipelajari pada pelajaran Matematika. Materi ini sudah diajarkan mulai dari tingkat dasar.
Sahabat semua, mempelajari tentang satuan berat sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sahabat bisa mengaplikasikan secara langsung dalam kehidupan. Contohnya saja jika sedang berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar atau pun yang lainnya. Ragam satuan berat berbeda-beda. Satuan berat yang umum digunakan di Indonesia dan di luar negeri juga berbeda pula lho!

Tangga Satuan Berat

Untuk mempelajari satuan berat dengan mudah, sahabat bisa menggunakan tangga satuan berat. Tangga satuan berat ini akan memudahkan sahabat dalam menghitung suatu berat jika menggunakan satuan tertentu, dan kemudian dihitung dengan menggunakan satuan lainnya. Sebelum melihat tentang seperti apa tangga satuan berat, mari simak terlebih dahulu beberapa satuan berat yang sering digunakan.
Apakah sahabat tau, alat apa yang sering digunakan untuk mengetahui berat dari suatu barang? Tentu saja, alat tersebut bernama timbangan. Timbangan sangat bervariasi. Beragam timbangan memang sengaja diciptakan untuk mengetahui berat dari suatu barang yang ingin ditimbang. Contohnya saja, ada timbangan badan, timbangan bebek yang sering digunakan di pasar, timbangan beras, maupun timbangan emas.
Ragam satuan berat yang sering digunakan dalam timbangan adalah sebagai berikut!
  1. Ons
1 ons = 100 gram = 1/10 kilogram
  1. Kwintal
1 kwintal = 100 kg
  1. Ton
1 ton = 1000 kilogram
  1. Pound
1 pound = 2,20462 kg
  1. Gram
1 kilogram  2,20462 lbs
  1. Lbs
1 lbs = 1 pound
Jadi, sangat tidak pas sekali jika sahabat menganggap bahwa berat 1 pounds = ½ kg suatu barang. Satuan berat diaplikasikan dengan menggunakan alat yang berbeda-beda. Banyak sekali ukuran satuan berat di lingkungan sahabat bukan? Masing-masing alat tersebut akan menggunakan satuan berat yang berbeda-beda.
Satuan berat yang digunakan pada zaman dahulu dan zaman sekarang juga berbeda. Satuan berat yang telah dicontohkan di atas merupakan satuan berat yang digunakan dalam kehidupan yang modern. Lalu, adakah satuan berat lainnya yang digunakan pada zaman dahulu? Jawabannya tentu saja ada. Bahkan nama satuannya pun sangat unik.
Diantara satuan berat yang digunakan pada zaman dahulu adalah 1 ondok, 1 cepuk, 1 gelas, dan masih banyak lagi satuan berat tradisional lainnya. Masing-masing satuan tersebut juga digunakan untuk mengukur jenis barang yang berbeda-beda. Jadi, hampir mirip seperti di jaman sekarang ya.
Salah satu jenis satuan berat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah gram dan ton. Berikut beberapa konversi satuan berat dari gram dan ton
1 picogram = 0,00000000001 gram
1 nanogram = 0,000000001 gram
1 mocrogram = 0,000001 gram
1 miligram = 0,001 gram
1 gram = 1 gram
1 kilogram = 1000 gram
1 ton = 1000000 gram
1 megaton =b1000000000000 gram
1 gigaton = 1000000000000000 gram
Satuan gram sering digunakan dalam menghitung benda yang terbilang ringan seperti emas maupun buah-buahan. Namun jika satuannya sudah mencapai ton, tentu saja satuan tersebut digunakan untuk mengukur berat dari barang yang berjumlah banyak seperti beras, gula, jagung dan lain-lain.
Selanjutnya, mari lihat tentang tangga konversi dari satuan berat dalam matematika yang lainnya. Untuk lebih memudahkannya, sahabat bisa memperhatikan tabel berikut ini!
1 kg
10 ons
1 kg
1000 gram
1 kg
10 ons
1 ons
1000 gram
1 hg
1 ons
1 kwintal
100 kg
1 pon
5 ons
1 ton
1000 kg
1 ton
10 kuintal

Untuk tangga satuan berat gram dimulai dari  kilogram, hectogram, decagram, gram, desigram, centigram, dan miligram. Jika naik 1 tangga, maka sahabat harus mengalikan jumlahnya dengan 10. Sebaliknya, jika turun 1 tangga, sahabat harus membagikannya dengan 10.
1 kg = 0,1 hg
1 hg = 10 kg
1 gram = 1000 kg
1 kg = 0,0001 gram
Begitu seterusnya. Satuan gram ini memang sangat populer digunakan di lingkungan masyarakat. Hal ini sudah terbukti banyaknya orang yang menggunakan satuan gram untuk mengukur berat dari suatu barang.

Contoh Soal Satuan Berat

  1. Ibu membeli 2500 gram buah jeruk dan 7800 gram buah mangga. Berapa kg kah jumlah buah yang ibu beli?
2500 gram jeruk = 2,5 kg
7800 mangga = 7,8 kg
Jadi, jumlah buah yang ibu beli adalah 2,5 + 7.8 = 10,3 kg
  1. Ayah membeli 5000 kg beras dan 20 kwintal tepung terigu. Berapa ton jumlah beras dan tepung yang Ayah beli?
5000 kg = 5 ton
20 kwintal = 2 ton
Jadi, jumlah beras dan tepung yang Ayah beli adalah 7 ton.
  1. Ibu membeli 25 ons bawang merah dan 2000 gram bawang putih. Berapa kg jumlah bawang merah dan bawang putih yang ibu beli?
25 ons = 2,5 kg
2000 gram = 2 kg
Jadi, jumlah bawang merah dan bawang putih yang ibu beli adalah 2 + 2,5 = 4,5 kg
Bagaimana sahabat  semua?? Ternyata cukup mudah bukan dalam mempelajari satuan berat. Hal yang harus diperhatikan adalah sahabat harus mengingat jumlah satuan berat jika dikonversikan dalam satuan berat lainnya. Jika sahabat sudah mengingat tentang hal tersebut, sahabat pun akan lebih mudah dalam menghitung jumlah satuan berat yang berbeda-beda.
Sahabat, ada tips jitu ni tentang bagaimana mudahnya menghafalkan satuan berat. Ternyata, satuan berat tidak susah untuk dihafalkan. Sahabat bisa mempelajari satuan berat denga mudah menggunakan beberapa metode. Sahabat bisa menggantikannya dengan menggunakan kosa kata yang berbeda.
Satuan Berat Matematika
via soal-2000.blogspot.com

Contoh  satuan yang ingin dihafalkan mulai dari kg, hg, dag, g, dg, cg, mg. Maka sobat bisa menghafalkannya dengan:
  1. Kucing untuk kg
  2. Hitam untuk hg
  3. Di untuk dag
  4. Gang untuk gram
  5. Desi untuk dg
  6. Centil untuk cg
  7. Mondar mandir untuk mg
Jika dihafalkan menjadi Kucing hitam di gang desi centil mondar mandir. Bagaimana sahabat?? Lebih mudah untuk diingat dan dihafalkan bukan.
Bagaimanapun juga, satuan berat memang sangatlah penting untuk sahabat ingat dan pelajari. Terlebih lagi, itu semua memang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana jika sahabat sedang berbelanja namun tidak mengetahui satuan berat yang ada? Bisa jadi  sahabat bisa ditipu. Oleh karena itu, penting untuk mempelajarinya ya.
Itulah beberapa hal yang penting untuk dihafalkan dan dipelajari dalam pelajaran Matematika, khususnya dalam materi satuan berat. Masih ada satuan lain yang nantinya akan dipelajari dalam Matematika. Contohnya saja seperti satuan panjang, satuan luas, satuan volume, dan masih banyak lagi yang lainnya. Belajar sedikit demi sedikit dan nantinya sahabat bisa menguasai berbagai satuan dalam Matematika. Semangat!!

No comments:

Post a Comment