Pengertian Garis Singgung Lingkaran

Konten [Tampil]

Pengertian Garis Singgung Lingkaran


Pengertian garis singgung lingkaran yaitu suatu garis yang memotong lingkaran hanya pada satu titik dan garis tersebut tegak lurus terhadap garis tengah atau diameter lingkaran atau jari jari yang di tarik melalui titik singgung.

Garis Singgung Lingkaran

Perhatikan gambar di atas,  Garis yang telihat dalam gambar menyinggung atau memotong lingkaran di titik A. Dan bila di tarik garis dari titik O pusat lingkaran menuju titik singgung yaitu titik A akan membentuk sebuah garis tegak lurus. Seperti itulah yang disebut garis singgung lingkaran.()

Sifat sifat Garis Singgung Lingkaran


Garis singgung lingkaran mempunyai beberapa sifat yang tercipta dari definisi garis singgung itu sendiri. Sifat-sifatnya adalah :

  • Setiap garis singgung lingkaran tegak lurus terhadap diameter lingkaran yang ditarik melalui titik singgungnya. Titik singgung adalah titik pertemuan dari garis singgung dan lingkaran.
  • Melalui titik pada lingkaran hanya dapat dilakukan sekali dan hanya satu garis yang bersinggungan dengan lingkaran.
  • Melalui sebuah titik luar lingkaran dapat dibuat dua garis yang bersinggungan dengan lingkaran.
  • Jika dua garis singgung berpotongan pada suatu titik di luar lingkaran, maka jarak antara titik persimpangan itu sama dengan titik-titik singgung tangen yang sama.



0 Response to "Pengertian Garis Singgung Lingkaran"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel