Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal

Luas permukaan sebuah benda adalah jumlah luas dari semua sisi permukaan benda itu sendiri. Saat kita mencari luas permukaan kubus kita juga akan mencari jumlah luas dari semua sisi permukaan kubus.  Jumlah sisi kubus sendiri ada enam dan sebangun atau sama ukurannya.

Luas Permukaan Kubus
Sehingga untuk memenghitung luas permukaan kubus kita hanya perlu mencari luas permukaan dari salah satu sisi kubus kemudian mengalikan dengan enam. Yang perlu kamu ketahui permukaan kubus berbentuk persegi atau bujur sangkar. Yang memiliki rumus luas Sisi x Sisi.

Maka kita akan mendapat rumus luas permukaan kubus sebagai berikut :
Rumus mencari Luas Permukaan Kubus


Rumus mencari Luas Permukaan Kubus : L = 6 x SxS 

Contoh Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus


1. Cara Mencari Luas Permukaan Kubus Jika Hanya Panjang Satu Sisi yang Diketahui


Kita perlu memahami terlebih dahulu jika luas permukaan kubus terdiri dari luas keenam permukaan kubus. Karena semua permukaan kubus sebangun, kita dapat mencari luas area satu permukaan dan mengalikan dengan 6 untuk memperoleh jumlah total luas permukaan. Luas permukaan bisa ditemukan dengan menggunakan rumus sederhana: 6xS², "s" adalah sisi kubus.

Contoh Soal 1:
Sebuah kotak plastik berbentuk kubus mempunyai panjang sisi permukaan 20 cm. Hitung berapa luas permukaan kubus tersebut. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6xSxS).
Jawab:
Diketahui: S = 20 cm
Luas permukaan kubus = 6 x 20 x 20 = 2.400 cm².

Contoh Soal 2:
Pak Bambang mempunyai sebuah kotak kayu yang berbentuk kubus yang rencananya akan dicat seluruh permukaannya. Permukaan kotak kayu Pak Bambang tersebut mempunyai panjang sisi 2 meter. Hitung berapa meter persegi luas permukaan kotak yang akan dicat oleh Pak Bambang. (Petunjuk: luas permukaan kubus = 6xSxS).
Jawab:
Diketahui: S = 2 m
Luas permukaan peti kayu = 6 x 2 x 2 = 24 m².

2. Cara Mencari Luas Permukaan Kubus Jika Hanya Volume Kubus Yang Diketahui


Cara menghitung luas permukaan kubus jika diketahui volumenya adalah Carilah akar pangkat tiga dari volume kubus tersebut. Nah mencari berapa akar pangkat tiga dari volume kubus, kamu cukup mencari angka yang bisa diakar-pangkatkan tiga atau mudahnya memakai kalkulator.

Hasil dari akar pangkat tiga tidak selalu dalam bilangan bulat. Untuk contoh kita memakai 512 adalah sebuah pangkat tiga, dan akar pangkat tiganya adalah 8, karena 8x8x8 = 512. Jadi, "s" atau salah satu panjang sisi kubus, adalah 8.

Nah karena panjang salah satu sisi kubus sudah kamu ketahui, Sekarang masukkan ke dalam rumus untuk mencari luas permukaan kubus: 6 x s². Karena panjang satu sisi adalah 8 cm, cukup masukkan ke dalam rumus seperti ini: 6 x (8²).

Maka dalam hitungan matematika, 6 x 8² = 6 x (8x8) = 384 cm².

Jika dalam soal metematika maka penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Soal:
Hitunglah luas permukaan kubus jika diketahui volume sebuah kubus adalah 512cm³.
Jawab:
Volume = s³ = 512 cm³
s = ∛512
= 8cm
Luas permukaan = 6 x s x s
= 6 x 8 x 8
=  384 cm²

Baca Juga:
Luas Permukaan Tabung
Luas Permukaan Balok
Luas Permukaan Kerucut
Luas Permukaan Bola
Luas Permukaan Limas segi empat
Luas Permukaan Limas Segitiga

Demikian pembahasan lengkap mengenai Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus, semoga bisa membantu kamu semua. Jangan Lupa Like dan Share ya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus Lengkap dengan Rumus dan Contoh Soal"

Post a Comment