Cara Menentukan Besar Sudut

Cara Menentukan Besar Sudut - Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu sudut dan bagaimana cara untuk menggambarkan sebuah sudut. Untuk mengukur besar sudut kamu bisa memakai busur derajat caranya sama dengan cara menggambar sudut memakai busur derajat.

Perhatikan gambar sudut di bawah ini.

Cara Menentukan Besar Sudut
Dari gambar di atas, dapatkah kalian menentukan ukuran dari sudut AOB tersebut? Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk menentukan besar sudut dari gambar tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka pelajarilah materi berikut ini dengan baik. Dengan demikian kalian mampu untuk menentukan besar sudut dari berbagai macam sudut lainnya.

Ukuran Sudut


Untuk menentukan besar sudut, maka hal pertama yang harus kita pahami adalah ukuran-ukuran yang digunakan dalam menentukan sebuah sudut. Adapun satuan yang biasa digunakan dalam ukuran sudut ada dua yaitu satuan derajat dan satuan radian.

Satuan Derajat


Dalam satuan derajat, terdapat beberapa satuan yang dapat dikonversi dalam satuan derajat itu sendiri. Beberapa satuan tersebut antara lain sebagai berikut.

1 putaran = 360°.
=   1/360 putaran

Selain putaran, dalam satuan derajat dikenal adanya satuan menit ( ‘ ) dan detik ( “ ) yang apabila dihubungkan dengan satuan derajat adalah sebagai berikut ini.












Satuan Radian


Selain satuan derajat, ukuran sudut juga dapat dinyatakan dalam satuan radian. Satu radian didefinisikan sebagai perbandingan antara panjang busur sebuah lingkaran dibandingkan dengan panjang jari-jarinya. Definisi tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk rumus sebagai berikut.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka terdapat dua satuan yang biasa digunakan untuk mengukur sudut. Karena terdapat dua satuan yang digunakan, maka kita juga harus tahu bagaimana cara untuk mengkonversi satuan derajat ke satuan radian dan begitu juga sebaliknya.

Mengkonversi Satuan Derajat ke Satuan Radian

Misalkan dipunyai sudut a dalam satauan derajat. Untuk mengubah besar sudut tersebut dalam satuan radian, maka kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

Untuk lebih mempermudah dalam memahami penjelasan di atas, berikut disajikan contoh terkait materi tersebut.

Contoh 1:
Tentukan nilai dari 30° apabila dinyatakan dalam satuan radian!
Jawab:






Contoh 2:
Tentukan nilai dari 120° apabila dinyatakan dalam satuan radian!
Jawab:









Mengkonversi Satuan Radian ke Satuan Derajat

Misalkan dipunyai sudut 0 dalam satuan radian. Untuk mengubah besar sudut tersebut dalam satuan derajat, maka kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut.

Untuk lebih mempermudah dalam memahami penjelasan di atas, berikut disajikan beberapa contoh terkait materi di atas.






















Cara Untuk Menentukan Besar Sudut


Setelah kita mengetahui ukuran-ukuran sudut, maka kita dapat menentukan sebuah sudut. Dalam menentukan ukuran sudut, kita juga harus tahu langkah-langkah dalam menggambarkan sebuah sudut.

Pada artikel sebelumnya, kalian sudah dijelaskan bagaimana cara menggambarkan sebuah sudut. Berikut ini akan disajikan langkah-langkah dalam menggambar dan menentukan besar sudut dengan menggunakan busur derajat.

Menggambar Sudut dengan Busur Derajat

Untuk menggambar sebuah sudut, kita dapat menggunakan bantuan busur derajat. Misalkan kita akan membuat sudut dengan besar 50°. Berikut disajikan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menggambar sudut.

1. Buatlah sebuah garis sebagai salah satu kaki sudutnya. Misalkan kaki sudutnya adalah garis AB.
2. Letakkan busur derajat pada garis AB sehingga titik pusat busur derajat berimpit dengan titik B dan garis lurus yang melalui titik pusat busur itu berimpit dengan garis AB. Dengan demikian, garis AB akan berhimpit dengan garis lurus yang melalui titik tengah busur derajat.
3. Karena kita memulai dari sumbu X positif, maka kita gunakan yang titik 0° nya di bawah. Selanjutnya cari nilai 50° di busur yang dilanjutkan dengan menggambar sebuah garis yang melalui titik O dan titik di 50° tadi seperti gambar berikut.
4. Sudut yang terbentuk antara garis AB dan garis AC yang kita buat tadilah sudut yang memiliki besar 50° dengan titik sudutnya adalah A.

Mengukur Sudut dengan Busur Derajat

Setelah kita tahu bagaimana cara untuk menggambar sudut, hal selanjutnya yang harus kita ketahui seperti yang telah disampaikan di atas adalah menentukan besar sudut. Misalkan dipunyai sudut BAC seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengukur besar sudut BAC di atas, maka kita dapat memanfaatkan busur derajat. Adapaun langkah-langkah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut ini.

1. Himpitkan titik pusat busur dengan titik A sehingga kaki sudut AB berimpit dengan garis yang melalui titik nol (0) dan titik pusat busur derajat. Hal ini ditunjukkan dengan gambar berikut ini

2. Karena garis AB berhimpit dengan titik nol yang terletak di sebelah kanan garis, maka yang nilai derajat yang digunakan adalah yang sebelah kanan bawah.
3. Pada bagian kanan bawah, garis AC berhimpit dengan garis yang menunjukkan nilai 60°. Dengan demikian besar sudut yang terbentuk antara garis AC dan garis AB atau dituliskan dengan  CAB adalah 60° (dalam satuan derajat).

Demikian ulasan mengenai cara menentukan besar sudut dan mengukur sudut memakai busur derajat, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menentukan Besar Sudut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel