√ Rumus Mencari Luas Selimut Tabung dan Contoh Soalnya

Rumusmatematika.org – Pembahasan tentang bangun ruang tabung menjadi salah satu materi yang dipelajari di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas, selain juga materi tentang rupa-rupa bangun ruang yang lain.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap tentang rumus luas selimut tabung, mulai dari definisi, rumus panjang selimut tabung, luas permukaan tabung tanpa tutup dan contoh soal luas selimut tabung.


Definisi Tabung


Pengertian dari tabung ialah bangun ruang 3 dimensi yang dibatasi oleh 2 buah lingkaran yang sama dan kongruen yang berfungsi sebagai alas dan tutup, serta sebuah bidang melengkung yang berbentuk persegi panjang.

Pengertian Selimut Tabung

Selimut tabung

Selimut tabung adalah sisi tabung yang berupa bidang melengkung yang membungkus atau menyelimuti sebuah bangun ruang tabung itu sendiri. Selimut tabung berbentuk sebuah persegi panjang.

Pada pembahasan kali ini kita tidak membahas seluruh dari tabung, tetapi hanya akan membahas tentang soal luas selimut tabung saja.

Pertama kita akan membahas mengenai ciri – ciri dari sebuah bangun ruang tabung.

Ciri – Ciri Bangun Tabung


Sebuah bangun ruang tabung mempunyai beberapa ciri – ciri yaitu :
  1. Bangun tabung mempunyai 2 buah rusuk
  2. Alas dan tutup dari sebuah tabung berbentuk lingkaran
  3. Bangun tabung memiliki 3 sisi, yaitu sisi alas, sisi atas atau tutup, dan ketiga bidang yang melengkung atau selimut
  4. Tidak memiliki titik sudut
Adapun contoh gambar tabung adalah sebagai berikut:

Selimut Tabung dan Contoh Soalnya

Dari gambar bangun tabung di atas kita bisa memperoleh beberapa unsur dari bangun tabung, masuk ke pembahasan selanjutnya tentang unsur – unsur dari bangun tiga dimensi tabung :

Unsur – unsur Tabung


Sisi Alas :
Pengertian dari sisi alas adalah sisi yang berbentuk lingkaran dengan pusat nya berada di tengah. Sisi ini berada pada bagian bawah.

Sisi Tutup :
Pengertian dari sisi tutup adalah sisi yang berbentuk lingkaran dengan pusat nya berada di tengah. Sisi ini berada pada bagian atas.

Selimut Tabung :
Pengertian dari selimut tabung adalah sisi berupa bidang melengkung yang membungkus atau menyelimuti sebuah bangun ruang tabung itu sendiri. Selimut tabung mempunyai bentuk berupa persegi panjang..

Diameter Lingkaran Dari Sebuah Tabung :
Pengertian dari diameter adalah garis tengah yang membagi 2 bagian sama besar pada lingkaran. diameter lingkaran adalah jumlah 2 buah jari jari. sebuah tabung mempunyai dua buah diameter lingkaran yaitu diameter lingkaran sisi alas dan diameter sisi tutup.

Jari – Jari Lingkaran :
Pengertian dari jari – jari atau radius adalah pada gambar diatas dilambangkan dengan huruf r. sebuah tabung mempunyai dua buah jari-jari lingkaran yaitu jari-jari sisi alas dan jari-jari sisi tutup.

Titik Pusat Lingkaran Dari Sebuah Tabung :
Salah satu dari unsur lingkaran yakni titik pusat lingkaran. Pada tabung atau silinder terdapat dua buah titik pusat lingkaran. Pengertian dari pusat lingkaran adalah suatu titik tertentu yang memiliki jarak sama terhadap semua titik pada lingkaran itu sendiri.

Tinggi Tabung :
Ruas garis dengan simbol t disebut dengan tinggi tabung. Tinggi tabung di sebut juga sebagai sumbu simetri putar tabung.

Rumus Luas Selimut Tabung


Rumus Luas Selimut Tabung

Selimut sebuah tabung berbentuk sebuah persegi panjang, maka untuk mencari luas selimut tabung kita bisa memakai rumus luas persegi panjang yaitu panjang x lebar. Panjang disini merupakan keliling lingkaran dan lebar adalah tinggi tabung maka

Luas Sebuah Selimut Tabung = keliling alas x tinggi tabung
Luas Sebuah Selimut Tabung = 2 . π . r x tinggi tabung
Luas Sebuah Selimut Tabung = 2 . π . r  x t

Contoh Soal Menghitung Luas Selimut Tabung


Soal :

1. Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 14 cm dan tinggi 60 cm. Berapakah luas selimut tabung tersebut ?

Jawab :

Diketahui :
r = 14 cm
t = 60 cm

Ditanyakan :
Luas selimut tabung?

Penyelesaian:

• Luas selimut tabung = 2.π.r.t
= 2 . (22/7) . 14. 60
= 5280 cm²

Jadi, luas selimut tabung tersebut adalah 5280 cm²


Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Pelajaran Matematika



Sekian artikel “rumus cara menghitung luas selimut tabung beserta pengertian, ciri – ciri, unsur – unsur, dan contoh soalnya”. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon untuk share. Terima kasih…

Tidak ada komentar untuk "√ Rumus Mencari Luas Selimut Tabung dan Contoh Soalnya"

Berlangganan via Email